Hmmm,, apa seh yang ada di benak kalian kl denger kata "fakir miskin"?
Kalo gw dtanya bgini seh, pasti jawabannya: "orang yang ada di bawah garis kemiskinan"; "orang yang bener-bener ga layak kebutuhan primernya, ya makannya, tempat tinggalnya, ato bajunya". Nah, gw sebagai satu dari berjuta-juta anak gawul masa kini, (yang notabene males sama masalah complicated kaya perpolitikan macam ini) malah sangat tercolok dengan fenomena baru yang mencolok, yaitu "fakir mention".
Kalo gw dtanya bgini seh, pasti jawabannya: "orang yang ada di bawah garis kemiskinan"; "orang yang bener-bener ga layak kebutuhan primernya, ya makannya, tempat tinggalnya, ato bajunya". Nah, gw sebagai satu dari berjuta-juta anak gawul masa kini, (yang notabene males sama masalah complicated kaya perpolitikan macam ini) malah sangat tercolok dengan fenomena baru yang mencolok, yaitu "fakir mention".
"Fakir mention" adalah sekumpulan orang-orang yang merasa dirinya dilecehkan, karena eh karena dirinya tidak ada yang me-mention di situs jejaring sosial, dan untuk kasus satu ini, situs jejaring sosialnya directly to Twitter. Situs jejaring sosial ini bisa saja menjadi situs jejaring soksial bagi para pasien yang tergabung dalam komunitas fakir mention.
Halaaahh,, udah deh,, jgn lebay!
Singkat cerita,, gw ini juga termasuk ke dalam kawula muda fakir mention.. *oohh,, itu toh maksudnya..*
Dalam akun pribadi gw saat ini, gw follow 156 orang (30% orang yang gw kenal, 20% fanbase artis yang gw suka, dan 50% sisanya artis yang gw suka), dan followers gw cuma 49. Sungguh kesenjangan angka yang sangat tinggi, a.k.a jomplang. (-___-)a
Tapi yah, gw sadar, selain daripada lo adalah seonggok artis, followers lo gakan lebih daripada jumlah orang yang lo follow. Uda banyak hal yang gw lakukan untuk naekin jumlah followers gw, tapi ternyata naekin jumlah followers tuh sama kaya ngelamar kerja: perlu niat dan tekad yang besar, lo harus punya sesuatu yang ga sama dengan orang lain, dan butuh koneksi.
Balik lagi ke masalah fakir mention. Gw sebenernya adalah cewek yang cuek, sampai pada ahirnya gw kecanduan nge-tweet. Awalnya juga gw nge-tweet tuh untuk memuaskan hasrat gw aja, untuk melampiaskan kekesalan dan kesenangan, karena kebetulan gw juga belom punya pacar buat share cerita.. *jiah, malah jd galaw :D*
Dari kecanduan itulah gw mulai mention artis kesukaan gw di Twitter. Sejauh ini artis yang suka gw mention seh cuma ada 4 orang, laki semua: 3 orang berkebangsaan Indonesia, 1 orang berkebangsaan Korea. Mungkin di ahir cerita gw akan sebutkan siapa saja itu. hahahaha
Artis yang gw mention pertama: dia bukan artis seh, tapi atlet basket Indonesia, tapi sekarang uda maen FTV, iklan, dkk. Gw suka dia dari jaman gw masih makan bangku SMA. Gw samarkan IDnya dgn '@igabakar' yak. si @igabakar ini terkenal dengan blog dan tweet nya yang suka rohani pleus wise gitu. Jadi gw coba buat mention dia gini, "@igabakar, gimana caranya kita bisa dengerin suara Tuhan?". Gw nunggu jawabannya. (Sebenernya ga pengen denger jawabannya seh, cuma gw pengen mention gw dbales aja gitu, haqhaqhaq). Nyatanya, dia bales mention gw dengan, "@Amyoonn tanya aja sama yang tau".. ehbuseeddd,, demi sendal japit swallow, jawaban macem apaan itu!!! Dan hari itu gw canangkan sebagai hari terakhir gw mention tu abang. (Namun nyatanya, baru minggu lalu gw mention dia lagi.. wakakakakak, that's life indeed :D)
Setelah jera dengan orang Indonesia, gw beralih pada yang kedua: @HeedictacXXX. Artis asal Korea Selatan. Anggota boyband Super Junior yang melegenda. Dikenal dunia menjadi jelmaan Lady Gaga, dengan nambahin namanya sendiri, Lady Heehee. Dikenal juga sebagai artis Korea pertama yang namanya sempet masuk jadi Trending Topic World Wide. Tapi gw cukup bangga, karena gw ngefans sama dia dari 3 taun yang lalu.. Yeah, gw duluan yang tau!! Karena dia orang Korea, wajar banget lah kalo mention gw ga diwaro la ya.. heloooww, lo pikir lo kira lo rasa dia mau bales tweet lo dengan bahasa sunda itu?! (_ _")
Okei, next.. Indonesia kala itu punya musim baru yang mengalahkan musim duren monthong, yaitu musim boyband! Kembali lagi gw tekankan, sebagai anak gawul, gw diharuskan dengan penuh keiklasan dan hati yang redu redam, mengikuti fenomena ini. ID twitternya gakan gw sebut ah, bukannya takut ato gimanaaa gitu, tapi lebih karena ID dia nama lengkap banget, biar kata gw singkat dengan 'xxx' tetep aja ketauan.. hohohoho.. Dan untuk memudahkan jalan cerita, gw ganti jadi '@aganboyband'.
kalo sama yang satu ini, gw cuma ikut-ikutan ngerecokin dia aja. Karena ga pake niat, jadi gw juga ga ngarepin mention gw dibales. Tapi setelah adik kelas gw yang suka juga sama dia berkata, "sempai, kemaren mention aku dbales lho sama '@agan boyband' itu..', naluri dora the explorer gw terbakar!!! Tiap gw liat tuh c agan muncul di timeline, langsung gw mention. Poor me, posting tweet gw selalu semenit lebih lambat dari tweet ini: "@aganboyband: oke, tweeps,, udahan dulu ya bales mention-nya. aku mau tidur dl, bsk ada manggung pagi. gud nite everyone.. be blessed". Sekali, gw ga nyerah. Dua kali, mungkin masih kebetulan. Tiga kali, oke, unfollow! D:
Artis terakhir..
ah, gw tegang ceritainnya..
cerita gak yaakk.. *ababil gagal*
Artis ini pun gw gakan sebut IDnya, soale namanya begitu jelas dan begitu nyata, sodara-sodaraaaa...
Dia terkenal hanya di satu stasiun tivi yang lagi naek daun karena terkenal kreatif mandraguna. gw samarkan menjadi '@hostlebaymenggemaskan'. Kenapa gw suka sama orang ini? (satu) dia lucu; (dua) dia lucu; (tiga) dia lucu! hahahahahaha
Gw suka gaya dia yang beda dari artis yang sok jual mahal dan sok ganteng padahal ga. (-sstt, ini rahasia negara- kata temen gw seh faktor pertama gw suka sama dia itu karena dia sedikit mirip sama cinta mati gw.. ya ya yaaaa..)
Gw mention dia kalo gw inget. Rata-rata sehari sekali. huakakakakak.. :D dan bisa ditebak, ga-da-ba-les-an. Awalnya sempet sebel, tapi yasudahlah, cinta mengalahkan apapun! Mari berjuang! yeaahhh!
Sampe saat inipun gw masih mention dia. Dari mention geje, nyebelin, serius, lucu to the max, sampe mention sangat flat pernah gw kasih ke dia, tetep ga dibales. Kasus ini menuntut gw jadi kreatif, dan ahirnya merenung, jadi apa seh requirement buat dbales mention-nya?
Gw totally penasaran. Satu fitur dari dari browser Twitter di HP yang gw favoritin yaitu 'view conversation'. Gw bisa liat satu-satu tweet yang dia bales. Dan requirement-nya adalaaahhh *jengjengjengdungdungdungcesces* *tegang kaya nonton AFI* adalaaahhh... kalo lo mau mention lo dbales, lo harus menambahkan anak kalimat "koq mention aku ga pernah dbales seh?" dengan emo nangis di ahir tweet lo.
Gw anak gawul yang ga mau jadi one of the kind, gw gakan pernah coba cara ini! Gw akan terus mencoba dengan cara gw sendiri! hahahahaha *niat yang #salahkonsep*
Kalo lo pernah mengalami apa yang gw rasakan.. Tenang, bro, lo ga sendiri. Gw bakal bikin page FB dengan nama "Gerakan 1.000.000 Facebookers Santuni Fakir Mention", dan lo bisa curhat mendalam dsitu.. :D
Okei, semoga tulisan ini menggugah lo semua, dan lo-lo semua bisa nambah hikmat lo dalam menggunakan akun situs jejaring sosial lo. Satu yang pengen gw share-in, berteman dengan dunia maya emank asik, tapi lebih mengesankan kalo lo punya waktu lebih sama keluarga, sahabat dan orang-orang terdekat lo yang dengan rela hati bersedia bales mention lo kapan aja dan dimana aja. Dan gw berjanji, kalo gw terkenal, gw akan bales mention kalian, apapun itu! *tetep ngarep* :D
gw lagi nyari doter gigi
nyarinya sampe ke pontianak
saya mo mention @hostlebaymenggemaskan lagi
doakan saya berhasil yak!
Selamat tidur dan selamat tengah malam :)
-amyoonn-
bukan mw mengkritik, bukan juga mau menghina, cuma pantun anda sedikit janggal saudari amyoon,hahahahaa....terutama di bagian "lari terus sampe ke si kakak" hahahhaha.... ayo berusaha lebih giat yookk!! chemungudh eeaaa kaka....
BalasHapusudah saya ganti.. hahahahahha.. terimakasih atas saran dan kritik nya.. sy lebih menerima lagi kalo anda memberikan saya kritik pedas.. hohohohoho :D
BalasHapussaya ga punya kritik pedas, saya jualnya kripik pedas, mau? hehehe,,,, pantesan wktu gw baca lagi kok pantunnya asa ganti, hahahaha....
BalasHapushahahahaha.. bechul bechul.. :D
BalasHapuskripik pedes? gratis yak! testeeeerrr :))