Senin, 16 Juni 2014

Sedikit Curcol Tengah Malam

Salah satu escaping yang paling menyenangkan bagi gw adalah nulis. 

Otak gw dituntut supaya ga mikir hal yang lain, seperti gimana rasanya lo selalu disangka pacar orang yang ga pernah suka balik sama lo tapi lo cinta mati sama dia; gimana rasanya lo kerja sekuat tenaga, tapi tetep punya title 'cungpret' (kacung kampret, istilah yang diambil dari bukunya Ika Natassha) di belakang title sarjana kebanggaan lo; atau gimana rasanya lo rela makan siang setengah porsi tiap hari dan ga makan malem, tapi angka yang ditunjukkan di timbangan lo susah banget gerak ke kiri-ke kanannya. 

Analoginya tuh kaya lo sedot dalem-dalem asep bemo pagi-pagi di Benhil layaknya orang tarik nafas di perkebunan teh. Empet! 

Kali ini gw mo bawa lo ke satu statement, "what's your the most regret moment?"

Gw ada beberapa, kaya...

Kalo aja waktu nganggur dulu gw belajar nyetir mobil, mungkin gw gakan lari-lari ngejer kopaja tiap hari, dan gw akan anterin lo ke bandara kapanpun. 

Kalo aja waktu itu gw ga ngomong "suatu hari lo pasti ga bisa idup tanpa gw" ke dia, gw mungkin akan hidup lebih bahagia dengan ga pernah dirongrong sama satu orang yang adalah cinta mati gw, sekaligus orang yang paling gw pengen hindari saat ini. Bukan karena benci, tapi kalo gini terus, gw bisa makin gila!

Kalo aja gw tau waktu itu terakhir kita ketemu, dan ngerti arti tatapan mata lo itu, gw akan pegang tangan lo, pasang senyum paling merekah, dan bilang "Senyum dulu donk! Mukanya galak amet! Besok mau dibangunin jam berapa? Ntar aku telpon."

Kalo aja tau itu waktu terakhir kita, gw akan sekuat tenaga bikin lo ketawa abis-abisan, jadi cerewet sepanjang perjalanan Casablanca-Kantor-Kosan Temen Kamu-Kosan Aku.
Atau mungkin gw akan ngomong dulu, "Sorry ya, kamu, kalo uda mulai jam setengah 11 malem gini otak aku ga bisa nemuin bahan omongan, dan akan bicara seperlunya. Itu murni setting default-nya, bukan karena cape nemenin kamu".

Kalo aja waktu itu gw cari taksi secepet mungkin dan ga telat waktu janjian nonton, mungkin akan lebih banyak kenangan waktu aku-kamu yang lo bilang "awesome night".

Kalo aja waktu itu gw ga expect berlebihan tentang kita, mungkin gw gakan kena penyakit bangun-tiap-jam-dua-pagi-melototin-bb-sampe-insomnia-gatel-gatel-sebadan-padahal-gada-alergi-stres-berkepanjangan-siklus-menstruasi-terganggu-syndrome. 

Eaaahhh, penyakit gw ababil sekali. Hahaha! Tapi honestly speaking, list ini selalu terngiang dalem otak gw, cuma supaya gw nemuin alesan kenapa lo ngilang kaya diculik alien kaya gini. Setidaknya kalo tau karena list penyesalan gw ini lo ngilang, gw akan menganggap hal ini wajar. Ya wajar lah kalo gw salah dan lo kesel, lalu *poof* ngilang!

Awalnya gw gakan curcol tentang ini lho! Tapi entah kenapa ini yang terketik. Hahaha! 
Setelah beberapa bulan ga kepikir, akhir-akhir ini bayangan dia balik lagi. Tiap scenenya nyata banget terputer di otak gw, senyata setiap catetan history chat yang masih tersimpan di BBM gw. 

Hi, YOU! Ada dimana kamu? Sehat-sehat? Lancar persalinannya? Hahahaha! 
Masih idup? Masih inget sama si konyol yang suka curhat kalo dia sering di-verbal abuse sama orang yang dia cinta ini? 

Call me maybe! :)

Jumat, 21 Februari 2014

Suatu Ketika di Sudut Bundo Care part II

Dear Bundo,
Nama aku Michael Sebastian Fernando, Bundo panggil aku Ujang aja. 
Bun, aku uda punya cewe nih. Aku uda pacaran sampe muak. Sampe saat ini tulisan ini diturunkan, aku ga pernah ngenalin dia sama temen-temen aku, bahkan sama temen deket aku pun ga. Pasti Bundo nanya kan kenapa? Nah, aku juga ga ngerti, Bun. Pacar aku bukan pacar yang bisa dibanggakan rupanya, tapi aku sayang sama dia. Aku takut kalo aku kenalin ke temen-temen, malah jadi bahan pergunjingan. Temen aku tuh mulutnya ga punya saringan semua sih. Gimana donk?
Ujang - 20,5 tahun

Dear Ujang,
Boleh Bundo tanya satu dulu? Kenapa nama bule begitu jadi Ujang sih? Emank muka kamu se-sunda itu ya? Atau muka kamu ga kuat nahan beratnya nama kamu? Apa kamu ga sering sakit-sakitan gitu waktu kecil gara-gara keberatan nama? #satudarimananya :))

Ehem..
Balik ke topik, serius nih Bundo. #kayanyagamungkin
Kalo kamu sayang sama cewe kamu, lebih baik dia dibawa ke area kamu donk, seliar apapun area itu. Mulai dari temen deket yang paling kamu percaya deh. Dia harus tau gimana kamu idup, lingkungan yang bikin otak kamu sesengklek ini, dkk. Kalo dia bisa terima apapun yang dia alami di dalamnya, syukurlah, dia uda bisa jadi bagian lebih dalem dari hidup kamu. 

Gini deh teorinya, kalo temen-temen kamu liar, Bundo bisa tebak kamu 90% sama liarnya dengan mereka. Kalo cewe kamu aja kuat idup sama kamu selama ini, kenapa dia ga bisa masuk ke area kamu? Cewe itu kadang butuh pengakuan, dan pengakuan dari temen kamu tuh setara dengan pengakuan dari orang tua kamu. Jadi bawalah dia kongkow dengan temen-temen kamu yang mulutnya gada saringan itu (ini semacam pipa gas bumi ato gimana sih?), kalo kamu takut dia tersakiti, saatnya kamu jadi jembatan antara dia dan temen-temen kamu. Temen-temen kamu, se-amazon apapun mereka, harusnya bisa menghormati cewe pilihan kamu. (tapi ga tau juga kalo diomongin di belakang ya.. Prepare for the worst, brother!)

Udah jam 12 siang nih, delivery ayam cemani itemnya uda dateng. #nyegig 
Lets get some lunchie :)

***

Dear Bundo,
Kenalin, Bun,, nama gw Ali, nama panjang gw Ali Ali Aja Kita Jodo.. #eeaaaaa
Ali Ali Aja Kita Jodo - xx tahun

Dear Ali,
Nama kamu sophisticated sekali! Keren banget ortu kamu, gaul abis kayanya. Bundo sampe amaze lho, dan sekarang speechless.
...
...
...
Anyway, Bundo udah dimiliki, jadi pastinya jodo Bundo bukan kamu. Maaf ya. Mungkin saatnya nama kamu diganti jadi Ali Ali Aja Nemu Yang Lain.
Adios! :)

***

Dear Bundo,
Nama saya Topik. Itu nama panggung saya. Pake nama itu aja ya, kalo pake nama asli, takutnya Bundo kenal deh. Hahaha.
Gini, Bun, saya dilema, saya suka sama satu cewe, dia beda deh dari cewe-cewe umumnya. Tapi kepentok sama cita-cita nih, Bun. Saya uda selangkah lebih deket sama cita-cita saya ini, dan saya excited banget. Pas banget saya lagi mikirin goal-goal saya, cewe ini dateng. Nah, Bun, cewe ini yang saya cari selama ini. Sekali ngobrol aja saya uda tau kalo saya bakal cinta sama dia. Sekarang saya ragu, yang mana dulu nih yang saya harus prioritasin. Dua-duanya pengen saya raih, tapi gini deh keadaannya. Kalo saya berjuang raih cita-cita saya, otomatis waktu saya banyak kesita buat itu, kesian dia, ntar ga keperhatiin. Kalo saya konsen pacaran, cita-cita saya yang kesian. Bundo punya ide cemerlang?
Topik - umur unidentified

Dear Topik,
Kamu teh siapa? Dilema ato Topik? Topik saya bundar ato topik luwak? Huakakakakakaka #stress
Cerita kamu ini ngingetin Bundo sama seseorang deh. Jangan-jangan kamu dia! Hahahaha, sudah ahiri, ntar malah Bundo yang galau, kamu mo tanggungjawab?! Hah?! #esmoshy

Ehem,
Gini Topik, yang perlu Bundo tau, si cewe itu suka juga ga sama kamu? Kalo ga suka balik, kamu gakan jadian, dan lebih baik mikirin cita-cita kamu. Kalo kamu sukses, cewe mana sih yang ga mau sama kamu kan. Itu jawaban mutlak. Hahahaha...

Nah, sekarang Bundo kasih tiga kemungkinan kalo cewe itu suka juga sama kamu ya... Mari ganti frase 'cewe itu' jadi 'A'.

Kemungkinan (1), kalo kamu ngejar cita-cita kamu, kemungkinan besar kamu ga punya pacar (yaealaaahhhh), dan kemungkinan kamu bisa ngedeketin si A balik itu sangat kecil. Kenapa? Belum tentu kesempatan ini dateng dua kali, Broh. Mungkin kamu uda sukses, si A juga uda sukses menjadi ibu rumah tangga yang baik bagi suami dan anak-anaknya.  

Kemungkinan (2), kalo kamu jadian sama si A. Emank kamu gakan kerja gitu? Ato kamu kerjaannya cuma gelayutan di tangan si A kemana-mana? Ya ga juga keleeess! Kamu masih bisa ngejar mimpi kamu. 

Kalo maksud kamu ntarnya kamu gakan fokus, ini kemungkinan (3), let me tell you something, kalo si A emank jodoh kamu, setidaknya untuk saat ini kamu yakin dia orangnya, dia akan berlari sama kamu menuju goal kamu. Dia akan ada di sekitar kamu buat encourage kamu. Kamu bisa jelasin ke dia keadaan kamu yang mau ngejer goal kamu beserta semua resiko yang harus ditanggung sama si A selama kamu ngejer cita-cita kamu. 
Misal, "A, aku pengen buka bisnis nih. Kamu tau kan buka bisnis baru tuh ga gampang, tapi ini cita-cita aku, aku mau coba banget. Mungkin waktu aku akan banyak kesita buat ini, tapi kalo kamu mau, aku akan berusaha supaya komitmen kita tetep jalan terus. Aku butuh support kamu. Gimana menurut kamu?". 
Kalo si A ini tanggepannya positif, jalanin aja. Biar waktu yang ngebuktiin. Kalo ternyata si A ini tanggepannya negatif, misalnya jawaban yang dia kasih tuh kekanakan, syukurlah kalo kamu tau dari awal, dan kamu uda tau donk apa yang harus kamu lakuin kemudian. Seorang yang punya passion kaya kamu butuh seseorang yang emank bisa ngerti kamu sepenuhnya. Ini pesen Bundo, kalo si A cinta tulus sama kamu, (dan kamu juga tulus sama dia) dia akan nungguin kamu, daaannnnn kalo dia bisa lewatin masa ini dengan baik, berbahagialah kawan, kamu uda bersama dengan orang yang benar! 

The choice is all yours, bro! Dan Bundo yakin kamu uda tau jawabannya. Biarlah perasaan kamu itu dikendalikan oleh pikiran yang sehat ya, jangan kebalik! Sukses! Ketjup jauh dari Bundo!
Btw, Bundo masih penasaran, kamu siapaaaaaaaaa!! :))

***
Sesuai janji, ini bagian yang cowo! Yihaaaaa~~
Bahasan soal cinta dan pacaran ga mungkin ilang dari kamus idup gw deh kayanya. Seru buat digali. Dan yang paling penting, gada cerita cinta yang sama! Uwow, sadar ga lo?! Yang seru tuh karena lo ga bisa ngira apa yang akan ada di depan lo! Ada yang sama excited-nya dengan gw?? :)) 

Enjoy! :)
@Amyoonn

Minggu, 26 Januari 2014

Suatu Ketika di Sudut Bundo Care

Dear Bundo,
Bun, aku jomblo normal bermantan satu, ada di masa marriageable age, siap berkeluarga, dan juga terpojokkan dengan pertanyaan "kapan nikah?". 
Kemaren aku seneng banget, Bun, setelah sekian lama ahirnya aku ketemu sama satu orang cowo yang bener-bener aku bangets! Bukan hanya dari fisik, tapi juga cara pikirnya. Sembilan dari sepuluh kriteria yang aku tetapin, ada di dia. Dia suka masak, suka anak kecil sama suka musik, aku suka banget sama cowo yang kaya gitu. Dan kriteria yang ga kepenuhi cuma satu, dia ga seiman sama aku. Gimana donks?
Bunga - 26 tahun

Dear Bunga,
Tahukah kamu kalo disini dingin? #abaikan
Menurut Bundo, semua pilihan ada di tangan kamu. Sebenernya ya kriteria kamu tuh gada yang krusial dan fatal aka ga penting kalo Bundo liat. Kamu harus susun ulang kriteria kamu deh. Cari prioritasnya. Seleksi kriteria wajib yang krusial harus kamu masukin disitu adalah "apakah dia lawan jenis?". Kalo iya, aman sudah, kamu bisa mengusahakan yang lain. Bayangin kalo ga, sepuluh kriteria kamu ada dalam satu orang, dan dia sesama jenis. Kan bingung. Hahaha. 
Salam dari lemak yang bergoyang! #eundeur

***
Dear Bundo,
Bantuin aku move on donk!
Riri - 22 tahun

Dear Riri,
Ya move on tinggal move on. Huakakakaka #dibacok
Tipe move on setiap orang tuh beda-beda, Ri. Tapi yang hampir merata tuh cuma satu: cari gebetan baru. Perluas pergaulan, percantik fisik (karena boong kalo cowo sekarang ga mandang fisik) (eh, Riri tuh cewe ato cowo sih? :p), minta kenalin sama temen kamu yang hi-quality single, bersenang-senanglah, tapi tetep waspada, dan gunakan akal sehatmu!
Tapi pesen Bundo cuma satu, kalo kamu emank serius, jangan cari gebetan yang berpotensi jadi PHP ya. Move on nomer satunya belom beres, nambah kudu move on lagi. Jadi cewe harus pinter! (bukan pinter ngibul, kamu Riri, bukan Sadam #petualanganSherina)

***
Dear Bundo,
Aku baru ngenalin temen aku sama temen aku yang lain. Tanpa aku sadari temen aku ini ngedeketin temen aku yang lain. Aku sih sama sekali ga tau-menau. Belakangan, aku sadar kalo mereka deket. Tapi beberapa waktu kemudian temen aku datang ke aku dan ngomong kalo temen aku nyakitin temen aku ini. Temen aku ditinggalin gitu aja. Aku sebagai temen mereka di tengah-tengah jadi agak ngerasa dosa sama mereka. Kalo aja aku ga ngenalin temen aku sama temen aku yang lain itu, mungkin mereka gada yang tersakiti. Gimana cara nyeleseinnya nih? Plis bantuin aku donk, kakak Bundo!
Sasha - 20 tahun

Dear Sasha,
Kamu suka warna ungu ga? Dulu aku suka banget deh. Sekarang aku lebih suka warna maskulin. 
Kamu tau ga kenapa Bundo nanya itu. Soalnya Bundo juga bingung sama cerita kamu. Temen kamu sama temen kamu yang lain itu cewe dua-duanya, ato cowo dua-duanya? Status mereka apa? Janda ato gimana? Ini ceritanya kurang mencapai klimaks ini. Hahaha.
Tapi coba Bundo pake penerawangan disini ya. Bundo pikir sih, kamu ga usah ngerasa dosa. Kamu ga salah koq. Percayalah mereka dipertemukan untuk maksud tertentu. Walau keliatan buruk, itu yang terbaik buat mereka. Bundo yakin kamu memperkenalkan mereka gada maksud buruk kan. Dan emank ga buruk. Tuhan ga pernah kasih yang buruk sama umatNya, walau keliatannya seperti itu. Dan Tuhan ga pernah salah. Kalo salah, bukan Tuhan donk. Jadi, daripada pake waktu kamu buat nyalahin diri kamu, lebih baik pake waktu kamu buat bantu dan memastikan mereka, baik temen kamu ataupun temen kamu yang lain itu, baik-baik saja. Bantu mereka buat keluar dari keterpurukan kedurjanaan dunia. 
Dan satu lagi, Sasha, kamu kalo manggil tuh kakak, ato Bundo, pilih salah satu, jangan digabungin. Emank robot Power Ranger bisa ngegabung?! #emosi #random
Selamat menjadi kawan yang baik, Sasha! :) 

***
Huakakakaka, don't ever take it too seriously. Cukup untuk dinikmati sesaat. Inspirasi di dapet dari cerita banyak teman, yang selalu menginspirasikan gw. 
Lain kali postingan yang sesi cowo. 
Enjoy! :)