Kamis, 26 Maret 2015

Notes untuk Para Pria


Dear para pria - atau seorang yang mengaku dirinya pria yang tau cara menyenangkan hati wanita,

Bundo mau kasih satu surat buat kalian semua, karena Bundo pikir para pria perlu mengingat ini:

Wanita bukan mainan, jadi jaga tangan kalian!

Pakai tangan kalian untuk bekerja dan menghidupi mereka, dalam sebuah keluarga, bukan untuk memukuli mereka.
Jangan pernah belai rambut wanita dengan tangan kalian, jika kalian hanya ingin sesuatu.
Jangan pernah pukul wanita, hanya jika kalian emosi.
Jangan pernah acak-belai rambut- pegang wajah, raba tubuh, jika tanpa perasaan apapun.
Wanita bukan objek kalian, bukan samsak, patung manekin, barbie, sex toys, pemuas ego, dan bukan pengisi waktu luang kalian.

Wanita bukan tembok rumah, jadi jaga mulut kalian.

Bundo tau, secupu atau secemen apapun kalian, kalian diciptakan dengan mulut yang secara default, berbicara manis kepada wanita.
Berlakulah seperlunya. Jangan berlebihan.
Jangan berjanji jika tak sepenuh hati, atau hanya karena ada emosi lewat.
Jangan mengembar ngembor masa depan indah, jika tidak ada rencana kalian untuk membawa wanita itu bersama.
Pakai mulut kalian untuk menyemangati, bukan untuk menjatuhkannya.
Pakai mulut kalian untuk menyayangi, bukan untuk mengatai mereka yang tidak seharusnya.
Pakai mulut kalian untuk menyanyikan lagu untuk mereka, hanya jika kalian pakai otak kalian dan siap dengan semua konsekuensi yang ada.

Ingat ini!
Otak wanita adalah recorder terbaik yang pernah Tuhan ciptakan di dunia ini, dia bisa merekam apapun yang keluar dari mulut kalian.
Berhati-hatilah, kawan.

Para pria, belajarlah satu hal dari surat ini, walaupun kalian sudah berbuat salah, ada satu password khusus agar mereka bisa tetap baik-baik saja.

Rendahkanlah hatimu dan minta maaflah.
Walaupun kata Taomingsi, kalo minta maaf berguna, buat apa ada polisi, ya, Bundo pun setuju. Akan pasti ada konsekuensi dari semua tindakan, baik atau buruk. Tapi setidaknya, jadi dewasalah. Kalau memang itu salahmu, akuilah. Minta maaflah. Jikalau wanita itu tidak mau memaafkanmu, itu urusan mereka. Urusanmu hanya sampai kalian meminta maaf dengan tulus. Dengan tulus ya, bukan dengan modus untuk melakukannya kembali.

Kalian pria dengan logika, pakailah sebagaimana harusnya.

Semoga berhasil!

Regards,
Bundo.

Senin, 16 Juni 2014

Sedikit Curcol Tengah Malam

Salah satu escaping yang paling menyenangkan bagi gw adalah nulis. 

Otak gw dituntut supaya ga mikir hal yang lain, seperti gimana rasanya lo selalu disangka pacar orang yang ga pernah suka balik sama lo tapi lo cinta mati sama dia; gimana rasanya lo kerja sekuat tenaga, tapi tetep punya title 'cungpret' (kacung kampret, istilah yang diambil dari bukunya Ika Natassha) di belakang title sarjana kebanggaan lo; atau gimana rasanya lo rela makan siang setengah porsi tiap hari dan ga makan malem, tapi angka yang ditunjukkan di timbangan lo susah banget gerak ke kiri-ke kanannya. 

Analoginya tuh kaya lo sedot dalem-dalem asep bemo pagi-pagi di Benhil layaknya orang tarik nafas di perkebunan teh. Empet! 

Kali ini gw mo bawa lo ke satu statement, "what's your the most regret moment?"

Gw ada beberapa, kaya...

Kalo aja waktu nganggur dulu gw belajar nyetir mobil, mungkin gw gakan lari-lari ngejer kopaja tiap hari, dan gw akan anterin lo ke bandara kapanpun. 

Kalo aja waktu itu gw ga ngomong "suatu hari lo pasti ga bisa idup tanpa gw" ke dia, gw mungkin akan hidup lebih bahagia dengan ga pernah dirongrong sama satu orang yang adalah cinta mati gw, sekaligus orang yang paling gw pengen hindari saat ini. Bukan karena benci, tapi kalo gini terus, gw bisa makin gila!

Kalo aja gw tau waktu itu terakhir kita ketemu, dan ngerti arti tatapan mata lo itu, gw akan pegang tangan lo, pasang senyum paling merekah, dan bilang "Senyum dulu donk! Mukanya galak amet! Besok mau dibangunin jam berapa? Ntar aku telpon."

Kalo aja tau itu waktu terakhir kita, gw akan sekuat tenaga bikin lo ketawa abis-abisan, jadi cerewet sepanjang perjalanan Casablanca-Kantor-Kosan Temen Kamu-Kosan Aku.
Atau mungkin gw akan ngomong dulu, "Sorry ya, kamu, kalo uda mulai jam setengah 11 malem gini otak aku ga bisa nemuin bahan omongan, dan akan bicara seperlunya. Itu murni setting default-nya, bukan karena cape nemenin kamu".

Kalo aja waktu itu gw cari taksi secepet mungkin dan ga telat waktu janjian nonton, mungkin akan lebih banyak kenangan waktu aku-kamu yang lo bilang "awesome night".

Kalo aja waktu itu gw ga expect berlebihan tentang kita, mungkin gw gakan kena penyakit bangun-tiap-jam-dua-pagi-melototin-bb-sampe-insomnia-gatel-gatel-sebadan-padahal-gada-alergi-stres-berkepanjangan-siklus-menstruasi-terganggu-syndrome. 

Eaaahhh, penyakit gw ababil sekali. Hahaha! Tapi honestly speaking, list ini selalu terngiang dalem otak gw, cuma supaya gw nemuin alesan kenapa lo ngilang kaya diculik alien kaya gini. Setidaknya kalo tau karena list penyesalan gw ini lo ngilang, gw akan menganggap hal ini wajar. Ya wajar lah kalo gw salah dan lo kesel, lalu *poof* ngilang!

Awalnya gw gakan curcol tentang ini lho! Tapi entah kenapa ini yang terketik. Hahaha! 
Setelah beberapa bulan ga kepikir, akhir-akhir ini bayangan dia balik lagi. Tiap scenenya nyata banget terputer di otak gw, senyata setiap catetan history chat yang masih tersimpan di BBM gw. 

Hi, YOU! Ada dimana kamu? Sehat-sehat? Lancar persalinannya? Hahahaha! 
Masih idup? Masih inget sama si konyol yang suka curhat kalo dia sering di-verbal abuse sama orang yang dia cinta ini? 

Call me maybe! :)

Jumat, 21 Februari 2014

Suatu Ketika di Sudut Bundo Care part II

Dear Bundo,
Nama aku Michael Sebastian Fernando, Bundo panggil aku Ujang aja. 
Bun, aku uda punya cewe nih. Aku uda pacaran sampe muak. Sampe saat ini tulisan ini diturunkan, aku ga pernah ngenalin dia sama temen-temen aku, bahkan sama temen deket aku pun ga. Pasti Bundo nanya kan kenapa? Nah, aku juga ga ngerti, Bun. Pacar aku bukan pacar yang bisa dibanggakan rupanya, tapi aku sayang sama dia. Aku takut kalo aku kenalin ke temen-temen, malah jadi bahan pergunjingan. Temen aku tuh mulutnya ga punya saringan semua sih. Gimana donk?
Ujang - 20,5 tahun

Dear Ujang,
Boleh Bundo tanya satu dulu? Kenapa nama bule begitu jadi Ujang sih? Emank muka kamu se-sunda itu ya? Atau muka kamu ga kuat nahan beratnya nama kamu? Apa kamu ga sering sakit-sakitan gitu waktu kecil gara-gara keberatan nama? #satudarimananya :))

Ehem..
Balik ke topik, serius nih Bundo. #kayanyagamungkin
Kalo kamu sayang sama cewe kamu, lebih baik dia dibawa ke area kamu donk, seliar apapun area itu. Mulai dari temen deket yang paling kamu percaya deh. Dia harus tau gimana kamu idup, lingkungan yang bikin otak kamu sesengklek ini, dkk. Kalo dia bisa terima apapun yang dia alami di dalamnya, syukurlah, dia uda bisa jadi bagian lebih dalem dari hidup kamu. 

Gini deh teorinya, kalo temen-temen kamu liar, Bundo bisa tebak kamu 90% sama liarnya dengan mereka. Kalo cewe kamu aja kuat idup sama kamu selama ini, kenapa dia ga bisa masuk ke area kamu? Cewe itu kadang butuh pengakuan, dan pengakuan dari temen kamu tuh setara dengan pengakuan dari orang tua kamu. Jadi bawalah dia kongkow dengan temen-temen kamu yang mulutnya gada saringan itu (ini semacam pipa gas bumi ato gimana sih?), kalo kamu takut dia tersakiti, saatnya kamu jadi jembatan antara dia dan temen-temen kamu. Temen-temen kamu, se-amazon apapun mereka, harusnya bisa menghormati cewe pilihan kamu. (tapi ga tau juga kalo diomongin di belakang ya.. Prepare for the worst, brother!)

Udah jam 12 siang nih, delivery ayam cemani itemnya uda dateng. #nyegig 
Lets get some lunchie :)

***

Dear Bundo,
Kenalin, Bun,, nama gw Ali, nama panjang gw Ali Ali Aja Kita Jodo.. #eeaaaaa
Ali Ali Aja Kita Jodo - xx tahun

Dear Ali,
Nama kamu sophisticated sekali! Keren banget ortu kamu, gaul abis kayanya. Bundo sampe amaze lho, dan sekarang speechless.
...
...
...
Anyway, Bundo udah dimiliki, jadi pastinya jodo Bundo bukan kamu. Maaf ya. Mungkin saatnya nama kamu diganti jadi Ali Ali Aja Nemu Yang Lain.
Adios! :)

***

Dear Bundo,
Nama saya Topik. Itu nama panggung saya. Pake nama itu aja ya, kalo pake nama asli, takutnya Bundo kenal deh. Hahaha.
Gini, Bun, saya dilema, saya suka sama satu cewe, dia beda deh dari cewe-cewe umumnya. Tapi kepentok sama cita-cita nih, Bun. Saya uda selangkah lebih deket sama cita-cita saya ini, dan saya excited banget. Pas banget saya lagi mikirin goal-goal saya, cewe ini dateng. Nah, Bun, cewe ini yang saya cari selama ini. Sekali ngobrol aja saya uda tau kalo saya bakal cinta sama dia. Sekarang saya ragu, yang mana dulu nih yang saya harus prioritasin. Dua-duanya pengen saya raih, tapi gini deh keadaannya. Kalo saya berjuang raih cita-cita saya, otomatis waktu saya banyak kesita buat itu, kesian dia, ntar ga keperhatiin. Kalo saya konsen pacaran, cita-cita saya yang kesian. Bundo punya ide cemerlang?
Topik - umur unidentified

Dear Topik,
Kamu teh siapa? Dilema ato Topik? Topik saya bundar ato topik luwak? Huakakakakakaka #stress
Cerita kamu ini ngingetin Bundo sama seseorang deh. Jangan-jangan kamu dia! Hahahaha, sudah ahiri, ntar malah Bundo yang galau, kamu mo tanggungjawab?! Hah?! #esmoshy

Ehem,
Gini Topik, yang perlu Bundo tau, si cewe itu suka juga ga sama kamu? Kalo ga suka balik, kamu gakan jadian, dan lebih baik mikirin cita-cita kamu. Kalo kamu sukses, cewe mana sih yang ga mau sama kamu kan. Itu jawaban mutlak. Hahahaha...

Nah, sekarang Bundo kasih tiga kemungkinan kalo cewe itu suka juga sama kamu ya... Mari ganti frase 'cewe itu' jadi 'A'.

Kemungkinan (1), kalo kamu ngejar cita-cita kamu, kemungkinan besar kamu ga punya pacar (yaealaaahhhh), dan kemungkinan kamu bisa ngedeketin si A balik itu sangat kecil. Kenapa? Belum tentu kesempatan ini dateng dua kali, Broh. Mungkin kamu uda sukses, si A juga uda sukses menjadi ibu rumah tangga yang baik bagi suami dan anak-anaknya.  

Kemungkinan (2), kalo kamu jadian sama si A. Emank kamu gakan kerja gitu? Ato kamu kerjaannya cuma gelayutan di tangan si A kemana-mana? Ya ga juga keleeess! Kamu masih bisa ngejar mimpi kamu. 

Kalo maksud kamu ntarnya kamu gakan fokus, ini kemungkinan (3), let me tell you something, kalo si A emank jodoh kamu, setidaknya untuk saat ini kamu yakin dia orangnya, dia akan berlari sama kamu menuju goal kamu. Dia akan ada di sekitar kamu buat encourage kamu. Kamu bisa jelasin ke dia keadaan kamu yang mau ngejer goal kamu beserta semua resiko yang harus ditanggung sama si A selama kamu ngejer cita-cita kamu. 
Misal, "A, aku pengen buka bisnis nih. Kamu tau kan buka bisnis baru tuh ga gampang, tapi ini cita-cita aku, aku mau coba banget. Mungkin waktu aku akan banyak kesita buat ini, tapi kalo kamu mau, aku akan berusaha supaya komitmen kita tetep jalan terus. Aku butuh support kamu. Gimana menurut kamu?". 
Kalo si A ini tanggepannya positif, jalanin aja. Biar waktu yang ngebuktiin. Kalo ternyata si A ini tanggepannya negatif, misalnya jawaban yang dia kasih tuh kekanakan, syukurlah kalo kamu tau dari awal, dan kamu uda tau donk apa yang harus kamu lakuin kemudian. Seorang yang punya passion kaya kamu butuh seseorang yang emank bisa ngerti kamu sepenuhnya. Ini pesen Bundo, kalo si A cinta tulus sama kamu, (dan kamu juga tulus sama dia) dia akan nungguin kamu, daaannnnn kalo dia bisa lewatin masa ini dengan baik, berbahagialah kawan, kamu uda bersama dengan orang yang benar! 

The choice is all yours, bro! Dan Bundo yakin kamu uda tau jawabannya. Biarlah perasaan kamu itu dikendalikan oleh pikiran yang sehat ya, jangan kebalik! Sukses! Ketjup jauh dari Bundo!
Btw, Bundo masih penasaran, kamu siapaaaaaaaaa!! :))

***
Sesuai janji, ini bagian yang cowo! Yihaaaaa~~
Bahasan soal cinta dan pacaran ga mungkin ilang dari kamus idup gw deh kayanya. Seru buat digali. Dan yang paling penting, gada cerita cinta yang sama! Uwow, sadar ga lo?! Yang seru tuh karena lo ga bisa ngira apa yang akan ada di depan lo! Ada yang sama excited-nya dengan gw?? :)) 

Enjoy! :)
@Amyoonn

Minggu, 26 Januari 2014

Suatu Ketika di Sudut Bundo Care

Dear Bundo,
Bun, aku jomblo normal bermantan satu, ada di masa marriageable age, siap berkeluarga, dan juga terpojokkan dengan pertanyaan "kapan nikah?". 
Kemaren aku seneng banget, Bun, setelah sekian lama ahirnya aku ketemu sama satu orang cowo yang bener-bener aku bangets! Bukan hanya dari fisik, tapi juga cara pikirnya. Sembilan dari sepuluh kriteria yang aku tetapin, ada di dia. Dia suka masak, suka anak kecil sama suka musik, aku suka banget sama cowo yang kaya gitu. Dan kriteria yang ga kepenuhi cuma satu, dia ga seiman sama aku. Gimana donks?
Bunga - 26 tahun

Dear Bunga,
Tahukah kamu kalo disini dingin? #abaikan
Menurut Bundo, semua pilihan ada di tangan kamu. Sebenernya ya kriteria kamu tuh gada yang krusial dan fatal aka ga penting kalo Bundo liat. Kamu harus susun ulang kriteria kamu deh. Cari prioritasnya. Seleksi kriteria wajib yang krusial harus kamu masukin disitu adalah "apakah dia lawan jenis?". Kalo iya, aman sudah, kamu bisa mengusahakan yang lain. Bayangin kalo ga, sepuluh kriteria kamu ada dalam satu orang, dan dia sesama jenis. Kan bingung. Hahaha. 
Salam dari lemak yang bergoyang! #eundeur

***
Dear Bundo,
Bantuin aku move on donk!
Riri - 22 tahun

Dear Riri,
Ya move on tinggal move on. Huakakakaka #dibacok
Tipe move on setiap orang tuh beda-beda, Ri. Tapi yang hampir merata tuh cuma satu: cari gebetan baru. Perluas pergaulan, percantik fisik (karena boong kalo cowo sekarang ga mandang fisik) (eh, Riri tuh cewe ato cowo sih? :p), minta kenalin sama temen kamu yang hi-quality single, bersenang-senanglah, tapi tetep waspada, dan gunakan akal sehatmu!
Tapi pesen Bundo cuma satu, kalo kamu emank serius, jangan cari gebetan yang berpotensi jadi PHP ya. Move on nomer satunya belom beres, nambah kudu move on lagi. Jadi cewe harus pinter! (bukan pinter ngibul, kamu Riri, bukan Sadam #petualanganSherina)

***
Dear Bundo,
Aku baru ngenalin temen aku sama temen aku yang lain. Tanpa aku sadari temen aku ini ngedeketin temen aku yang lain. Aku sih sama sekali ga tau-menau. Belakangan, aku sadar kalo mereka deket. Tapi beberapa waktu kemudian temen aku datang ke aku dan ngomong kalo temen aku nyakitin temen aku ini. Temen aku ditinggalin gitu aja. Aku sebagai temen mereka di tengah-tengah jadi agak ngerasa dosa sama mereka. Kalo aja aku ga ngenalin temen aku sama temen aku yang lain itu, mungkin mereka gada yang tersakiti. Gimana cara nyeleseinnya nih? Plis bantuin aku donk, kakak Bundo!
Sasha - 20 tahun

Dear Sasha,
Kamu suka warna ungu ga? Dulu aku suka banget deh. Sekarang aku lebih suka warna maskulin. 
Kamu tau ga kenapa Bundo nanya itu. Soalnya Bundo juga bingung sama cerita kamu. Temen kamu sama temen kamu yang lain itu cewe dua-duanya, ato cowo dua-duanya? Status mereka apa? Janda ato gimana? Ini ceritanya kurang mencapai klimaks ini. Hahaha.
Tapi coba Bundo pake penerawangan disini ya. Bundo pikir sih, kamu ga usah ngerasa dosa. Kamu ga salah koq. Percayalah mereka dipertemukan untuk maksud tertentu. Walau keliatan buruk, itu yang terbaik buat mereka. Bundo yakin kamu memperkenalkan mereka gada maksud buruk kan. Dan emank ga buruk. Tuhan ga pernah kasih yang buruk sama umatNya, walau keliatannya seperti itu. Dan Tuhan ga pernah salah. Kalo salah, bukan Tuhan donk. Jadi, daripada pake waktu kamu buat nyalahin diri kamu, lebih baik pake waktu kamu buat bantu dan memastikan mereka, baik temen kamu ataupun temen kamu yang lain itu, baik-baik saja. Bantu mereka buat keluar dari keterpurukan kedurjanaan dunia. 
Dan satu lagi, Sasha, kamu kalo manggil tuh kakak, ato Bundo, pilih salah satu, jangan digabungin. Emank robot Power Ranger bisa ngegabung?! #emosi #random
Selamat menjadi kawan yang baik, Sasha! :) 

***
Huakakakaka, don't ever take it too seriously. Cukup untuk dinikmati sesaat. Inspirasi di dapet dari cerita banyak teman, yang selalu menginspirasikan gw. 
Lain kali postingan yang sesi cowo. 
Enjoy! :)

Selasa, 25 Juni 2013

Balada Ban Serep


Jauh di sudut kota yang megah dan rupawan, tersebutlah sebuah ban yang indah. Dia diciptakan dengan sangat sempurna, bentuknya, bahannya, warnanya, sampai alurnya pun terbuat dengan teramat sempurna. Setelah selesai penciptaannya selesai, dia diperiksa kelayakannya untuk dipakai, dan dia dibungkus rapi. Pada malam harinya, datanglah seorang peri yang baik hati, dan menganugerahkan padanya sebuah hati yang penuh dengan ketulusan. Dia sangat senang, karena hanya dia satu-satunya ban di pabrik itu yang punya hati dan ketulusan.

Tiba saatnya dia dipajang di toko ban besar. Dia disusun dengan ribuan ban lainnya. Dia mulai gusar, akankah dia dibeli orang, begitu dalam pikirannya. Hari demi hari berlalu, dia sudah kehilangan harapan. Dia diam di jajaran ban paling belakang, dia sudah tidak terlihat menarik sekarang, packingnya sudah rusak sedikit, warnanya sudah agak memudar di beberapa titik, bahannya sudah agak melonggar.

Tetapi, ada seorang anak muda yang melihatnya dan ingin memilikinya. Awalnya dia tidak yakin dengan keinginan si anak muda ini. Mungkin hanya mimpi. Tapi hal ini benar-benar terjadi. Tepat di hari itu, officially, ban tersebut menjadi milik si anak muda. Tentu saja, sepaket dengan hati yang penuh dengan ketulusan bekal dari sang peri.

Ban dibawa pulang ke rumah anak muda tersebut. Karena bentuknya yang agak kurang indah lagi, si anak muda itu mulai membersihkannya sedikit demi sedikit. Warnanya yang agak memudar itu mulai diwarnainya kembali. Debu yang melekat, dibersihkannya. Singkat cerita, si ban menjadi indah kembali. Luar biasa si anak muda ini, dia bisa membuat ban yang tidak diinginkan orang itu menjadi indah. Setelah dibersihkan, si ban ditaruh di garasi rumah anak muda itu. Ban sudah sangat senang. Besok pastinya dia akan dipakai oleh si anak muda untuk mobilnya yang keren itu. Dia sudah menetapkan hatinya pada si anak muda, bahwa dia akan memberikan hati beserta dengan ketulusannya yang pernah diberikan pada peri waktu dia di pabrik dulu hanya pada si anak muda yang membuat dia menjadi indah kembali. Dia sangat bersemangat menanti kapankah dia akan dipakai oleh anak muda.

Sehari berlalu, ban tetap tinggal di garasi anak muda. Dia bisa melihat anak muda itu menaiki mobil kebanggaannya untuk pergi dari rumahnya. Mungkin tidak hari ini, mungkin esok hari. Dia tetap bersemangat.

Seminggu berlalu, ban tetap menanti dengan setia. Tetap saja si anak muda keluar rumah dengan mobilnya, tanpa dilihatnya si ban ada di sudut garasinya. Sendiri.

Sehari demi sehari berlalu, tanpa perubahan.

Suatu ketika, dilihatnyalah si anak muda mengeluhkan ban mobil nya yang kempes. Sedikit sih, tapi lumayan mengganggu. Akhirnya si anak muda ingat bahwa dia pernah membeli sebuah ban yang indah. Dicarinya si ban itu, dan dibawanya di bagasi mobil kerennya. Ban senang bukan kepalang, dalam pikirannya ia akan dibawa si anak muda ke bengkel, lalu dia akan dipasangkan untuk menggantikan ban mobil yang sebelumnya kempes. Dia benar-benar senang. Dia berpikir, tiba waktunya untuk bisa balas budi kepada si anak muda, dan pastinya si anak muda ini akan makin sayang pada si ban.

Khayalan tinggallah khayalan. Si anak muda membawanya ke bengkel. Benar ke bengkel, sampai situ, masih sesuai dengan pikiran si ban. Tapi ternyata si anak muda meminta pada yang bertugas untuk memperbaiki ban yang sebelumnya kempes itu. Jika begitu, apa yang terjadi pada si ban? Dia bisa melihat si anak muda tersenyum karena mendapatkan bannya yang tadinya kempes sudah pulih dan bisa dipakai kembali, dan dia tetap saja berada dalam sudut bagasi mobil keren si anak muda. Sendiri.

***

Agak curcol sedikit la yaaaaa...  :)
Cara menikmati tulisan ini adalah dengan membayangkan bagaimana kalau kamu yang jadi si ban itu. Pedes, bray! Please enjoy.

@Amyoonn

Senin, 18 Februari 2013

Curahan ♥ Kala Macet

17 Feb 2013, 19:52, km 104, trepel Bandung menuju Jakarta..

Curhatan gw kali ini ga jauh dan ga bukan masalah jodo"an. Untuk cewe seusia gw, kabarnya ini adalah hal yang masuk ke top chart yang diomongin di kalangan teman, baik lewat BBM, sms, cetingan, dan pelbagai socialmedia yang ada. Kenapa bisa sangat kompak gitu ya..

Bicara soal jodo, gw sangat excited menunggu dia. Gw sering bertanya",

Orangnya gimana ya.. 
Apa orangnya nyambung sama gw?
Kalo gw pake hi-heels gw, apa dia tetep lebih tinggi dari gw?
Apa dia orangnya putih merona, sawo mateng, ato kuning bangsat?
Dia dari ras apa ya? Siberian husky ato chihuahua..
Suaranya kaya gimana ya, serak-serak becek kaya David Cook, atau tinggi menggemaskan kaya GD..
Apa dia bisa nasehatin gw supaya bisa lebih baik?

Apa dia akan tetep bersama sama gw walau tadi paginya dia ngomong kalo gw salah kostum ato rambut gw kaya singa?
Apa dia bisa bikin gw senyum waktu gw pengen nangis ya?
Apa dia bakal kangen ketika gw sama dia ga bertemu lama?
Apa dia orang yang paling gw pengen liat mukanya waktu gw buka mata di pagi hari?
Apa dia bisa menangani mood gw tiba-tiba berubah?
Apa gw bisa bosen sama dia ya? Kan gw emank orangnya bosenan..
Apa suara dia tetep yang gw cari walaupun uda bertahun-tahun kita bersama?
Apa dia orang yang bisa bikin gw nyaman di saat-saat paling ngebetein dlm idup gw?
Apa dia orang yang bisa berbagi cerita manis sama-sama?
Apa dia orang yang bisa dipercaya buat mendampingi idup gw?
Apa dia orang yang bisa gw percayai seumur idup gw?

Dan banyak pertanyaan yang keluar kalo gw mikirin siapa jodo gw ini.. Lo juga gitu ga seh?

Gw ini suka kepo sama cerita cinta orang, jadi gw suka nanya-nanya gimana cara temen gw yang uda nikah bertemu dengan jodonya.

Orang pertama yang kisah cintanya bikin gw terkesan adalah temen gereja gw berinisial SFAT, bukan agen rahasia ya, itu beneran inisial namanya.. Hahahahaha..
Dia bertemu dgn jodo yang skrg jd suaminya itu waktu retreat taunan. Dan kabarnya ketika dia bertemu sama jodonya, hatinya langsung ngomong dengan gamblang kalo orang itu jodonya. Boro-boro jodo ya, kenal aja belum, begitu mungkin dalam hatinya. Tapi dia ikutin kata hatinya, melewati banyak tantangan --yang kalo itu terjadi pada gw, ga tau deh bisa tahan ato ga--, dan ahirnya setelah pacaran 7 taun, mereka menikah. Taun ini adalah taun ke-5 mereka menikah dan uda dikaruniai 2 orang anak yang lucu-lucu..

Terus satu lagi gw baca cerita kesaksian seorang pendeta waktu dia bertemu sama jodonya. Saat itu ceritanya dia lagi bingung berat harus milih diantara beberapa cewe yang lagi deket sama dia. Lalu dia berdoa sama Tuhan, "Tuhan, siapapun yang bawa cheese cake hari ini, dia anterin ke bandara sekalian nganterin aku pergi, dialah orang yang Tuhan pilihkan buatku". Setelah doa gitu, dia bingung sendiri, gimana caranya ya, itu cheese cake tuh kan bukan hal yang lazim dikasih seorang cewe ktika nganter kecengannya k bandara. Mungkin gw pun akan prefer ngasih cowo itu bekel makanan, ktimbang kue. Tapi ajaib, ada cewe yang nganterin cheese cake ke bandara! Dan dialah istrinya sekarang.

Satu lagi, gw baca buku "Tuhan Sedang Menulis Cerita Cinta", buatan seorang cewe buat souvenir pernikahannya. Perjumpaan dia dengan cowonya itu agak aneh, melalui milist. Terus yang paling berkesan buat gw seh, ketika itu dia lagi ngobrol santey sama papanya, dan dia buka album poto temen-temennya dan dia nanya sama papanya, "Pa,kalo temen idup aku ada dpoto ini, kira-kira kata papa yang mana?", lalu papanya nunjuk c cowo yang ahirnya jd suaminya.

Nah, kalo versi gw apa ya?! 
Gw seh masih ga tau ini, secara gw belum nemu juga. Mo maksa Tuhan, tapi kayanya Dia ketawa-ketawa aja liatin tingkah gw. Pernah lho saking penasarannya, gw doa gini, "Tuhan, jodo aku ini siapa ya? Boleh ga minta liatin wujudnya di mimpi aku?", ajaibnya dikasih lho! Gw liat seorang cowo berjambul pake jas rapi warna item, lengkap dengan dasinya, yang lagi duduk di kursi gitu, depannya ada meja kayu yang penuh kertas dan buku, di belakangnya ada rak buku. Wah, jodo gw caleg kayanya! Wakakakak..

Sebenernya Tuhan bisa aja nunjukin siapa jodo qt secara supernatural, lewat mimpi, penerawangan, atopun ada suara yang berbicara begitu; tapi ada juga berjalan dengan natural, apa adanya, hanya melalui berteman, lanjut pacaran, dan ahirnya bersatu. 

Kalo cewe, katanya seh punya yang namanya insting yang hanya dimiliki oleh cewe. Dia bisa tau lelaki mana yang bisa dia seleksi buat jd pendamping hidupnya. Gw? Pernah jg pake insting ini, tp jatohnya smacem ngarep satu objek yang ahirnya ga jadi.. Hahahahaha

Tapi gini deh, di awal post ini gw pernah ngajuin beberapa pertanyaan singkat. Nah, apa yang muncul di benak kalian waktu pertanyaan-pertanyaan itu kalian baca? Wajah siapa atau nama siapa yang pertama muncul? Coba ganti kata "dia" sama nama orang itu, kalo jawaban yang muncul positip, semoga dia jodo lo ya. Waktu gw bikin pertanyaan itu, cuma ada 1 wajah dan 1 nama yang muncul di otak gw, dan gw berharap dia bisa jadi jodo gw.

Happy searching, gals! :)

Rabu, 06 Februari 2013

Dunia Ini Panggung Sandiwara

Akhir-akhir ini gw terbiasa menuliskan apa yang ada di kepala gw, dan blog lah tempatnya. Daripada galau ga keruan, mening gw curahkan semua pikiran gw ke dalam bentuk tulisan. Orang bilang, itu bisa bikin gw gila, tapi asal seimbang sama kehidupan interpersonal lo, gw rasa ini ga masalah.

Gw suka mikir dan berimajinasi, jadi gw suka biarkan pikiran gw menjadi liar dan membuat cerita baru. Mulai dari situ, gw coba belajar gimana caranya bikin cerita, lebih spesifik ke cerita film. Cita-cita gw tuh pengen bikin cerita yang bisa bikin gw terkenal. hahaha..

Dari banyaknya teori yang gw dapetin buat bikin cerita film, hal yang paling bikin gw berkesan tuh para pembuat naskah film selalu ngomong, kalo mo bikin cerita, bikin dulu endingnya, baru bikin flow ceritanya. Setelah nentuin endingnya, kita sebagai pembuat naskah bisa sesuka hati kita bikin macem-macem flow ceritanya. Bisa aja para tokoh di dalamnya dibuat merasakan banyak hal, mulai dari cerita yang rumit, berliku-liku, naik dan turun, sukacita dan dukacita, peraihan dan kehilangan,, tapi tetap, ujungnya akan sama dgn keinginan si empunya cerita..

Kalo bisa gw sambungin seh, itu kaya cerita idup kita ya..
Dunia ini panggung sandiwara?
Agak kurang suka gw dgn statement itu, karena bikin kita mikir, kalo di dunia ini ga ada yang tulus, aka smuanya sandiwara.


Kalo versi gw seh, hidup ini adalah sebuah film, dimana hidup gw ini bercerita tentang perjalanan hidup gw. Tentu aja hidup gw ini juga dibuat oleh seorang penulis. Dia tau karakter gw dengan sangat mendalam, Dia tau akan dibuat menjadi apa gw pada ahirnya, flow cerita idup gw gimana dan gw tau kalo itu semua Dia persiapkan khusus, sampe mikir ribuan taun dan Dia punya cerita yang luar biasa yg ingin Dia tuliskan buat hidup gw..


Tapi, kadang-kadang bete juga ya, sama kaya kita nonton drama Korea. Pengen cepet-cepet nonton sampe endingnya. Kaya gw dulu nonton drama, dari episod 7, gw loncat nonton endingnya dulu, terus balik lagi. Sungguhan deh, ga rame jadinya. Apa yang dulu gw bilang bikin drama itu gregetan, jadi ga lagi, karena tadinya kita ga tau dan penasaran sama endingnya, sekarang uda tau endingnya kaya gimana, malah anehnya bisa bikin males nontonnya.


Sama seh kalo dibandingin sama hidup. Kalo kita tau endingnya, kita akan jadi apa, nikah sama siapa, gimana bentuk muka anak kita entar, jadi apa ntar anak kita, sampe gmn cara kita meninggal, apa kita akan menjalani hidup kita dengan antusias dan penuh rasa penasaran? Apa kita akan terus ngegali potensi kita menjadi yang terbaik? Apa kita tetap akan hidup dengan bersyukur? Mungkin juga kita ga pernah punya memori dan kenangan yang bisa kita kenang. Karena rata-rata memori itu datang dari sebuah proses panjang yang berkesan..


Setelah gw ngomong ini panjang lebar bukan brati gw ga pnasaran sama ending hidup gw ya! Gw bener-bener pengen tau!! (Apalagi bagian siapa jodoh gw :)) )
Tapi gw ga mau ngebiarin greget penasaran gw ini ilang gitu aja.. Biarlah berjalan sesuai dengan alurnya Penulis Hidup kita..


Kalo sinetron punya 3 macem ending: happy ending, sad ending, dan never ending, sang Penulis Hidup kita cuma punya 1 jenis ending: happily ever after!


Just wait, see, and prove it ;)

Selamat tengah malam,
@Amyoonn